Kamis, 01 Maret 2018

Ira kuliah

Ini cerita saat gue kuliah di kebidanan. Alhamdulillah, gue diterima di salah satu kampus terbaik di jakarta. Ngak nyangka bisa masuk ke kampus ini, karena emang ngak ada kepikiran sama sekali buat kuliah disini.  Tau tempat ini juga ngak, pernah denger juga ngak, pernah liat brosurnya juga ngak, pokoknya ngak taulah gue tentang kampus ini.gue tau kampus ini tuh dari ibu. Ibu suruh tes, yaudah ikutin, namanya juga anak baru lulus SMA kan ya.  Semua tes di ikutin aja, lolos ngak lolos ya ikut aja. Kan ngak tau mana yang lolos, iya kan!!! Karena disuruh sama ibu,  yaudah ikut tes deh nih,  sebelumnya daftar dulu.  Agak beda sama kampus lain yang daftar secara online.  Ini daftarnya masih manual, lo harus dateng ke sana buat isi formulir sekaligus buat ukur tinggi. Ini nih, ini yang bikin males duluan, males kalo ada pendaftaran yang mengutamakan tinggi, secara, gue kan agak kecil kuntet gimana gitu, jadi kalo ada pendaftaran apapun, yang mengutamakan tinggi, agak males,udah hopeless duluan. Tapi berkat dorongan ibu, iya di dorong kaya pintu di alfam***, "cepetan maju ntar di selak orang" kata ibu sambil dorong gue, daftar lah gue. Gue maju ke meja yang ada mbak-mbaknya. 
Gue bilang "permisi bu, saya mau daftar".
Ibu gue langsung ngeliat gue, mungkin karena ngak yakin kali ya sama tinggi gue, dia langsung bilang."ukur tinggi dulu ya nak".
Tinggi minimum di kampus ini 150 cm dan alhamdulillahnya tinggi gue 152 cm.
Setelah daftar, gue ikut tesnya yang banyak itu, mulai dari tes tertulis, tes kesehatan, tes psikologi, sampe tes wawancara. Alhamdulillah gue diterima. Waw seneng, seneng banget akhirnya ada yang mau nerima gue kuliah disana. Di hari terakhir tes, habis tes psikologi kayanya,  gue agak lupa, ada kakak- kakak nih masuk. Ucapin selamat atas kelulusannya "kalo lo udah lolos di tes tertulis dan kesehatan,kayanya lo udah diterima deh". Kayanya sih, masih bingung juga gue, pokoknya gitulah ya. Lalu kakak-kakaknya bilang tanggal mulai ospek pertama, ospek prodi,kalo di kampus gue namanya bukan ospek sih namanya. .. Apa gitu lupa,  yang pasti diacara ini, lo harus dateng kalo ngak dateng harus ikut di tahun depan.  Yaaaa samalah sama kampus lain. Di pengumuman itu ngak ada yang aneh menurut gue,  karena apa yang harus di bawa hal sewajarnya, wajar banget pokoknya. 
Hari pertama ospek, gue datang dengan hati degdegan tau lah anak baru, pasti di tartar dulu. Gue dateng pake tas kotak yang di jinjing "kaya anak SMA di jepang gitu" punya bapak gue. Dan sekarang gue bingung kenapa gue pake tas itu. 
Gue masuk ke suatu ruangan, yang udah banyak anak berpakaian kaya gue, udah duduk disana, so gue mikir disuruh tunggu disana dong. Ruangannya yang agak besar, bawahnya pake karpet ada acnya juga. Nyaman lah ya. Pake karpet? Iya soalnya kita semua duduk lesehan. Ngak lama dari itu  adalah beberapa kakak-kakak masuk, perkenalkan diri, kasih selamat sama kita,Baik pokoknya. Udah gitu cantik semua, penyejuk hatilah ya. Selama ada kakak baik ini, kita dikasih pengarahan, nyanyi-nyanyi dkk, pokoknya ini kakak peri lah, dan seketika semua itu berubah ketika kakak-kakak galak masuk. Hahaha. Kalo di kampus gue namanya sie kedisiplinan, kenapa gue tau mereka sie kedispilinan,soalnya kan gue nulis ini pas udah lulus. Tau lah. Kan gue juga bikin acara gitu juga pas jadi senior. Hahaha.  Btw, Kalo di kampus mu nama kakak-kakak itu apa?
Tugas dari kakak ini yaitu mendisiplinkan kita si anak baru. Tugasnya cuma marah-marahin kita. Menurut gue sih gitu, soalnya yang gue inget,gitu. Hahaha. Baru aja masuk udah banyak yang mereka marahin, masalah kita kurang sopan lah kurang senyumlah ini lah itulah, pokoknya banyak. Dulu gue mikir, apaan sih nih orng marah-marah aja,  tapi sekarang gue agak sadar, jadi mereka marah itu ada gunanya juga. Ketika ada orang marah, mungkin kita berbuat salah atau cuma salah paham, pointnya, kalo kalian emang salah akui aja. Tapi kalo emang kalian merasa ngak salah, ngomong, berani mengemukakan pendapat kalian, tapi harus baik-baik. Soalnya kalo kalian marah-marah juga, di abisin kalian sama senior, hahaha. 
Masalah baju, di kampus gue agak beda nih sama kampus yang lain, gue disuruh pake rok panjang ngak boleh ketat, baju harus longgar, menutupi bokong,udah kaya pesantren lah kampus gue. Mantap. Satu hal yang jadi ciri khas anak tingkat pertama di kampus gue, yaitu kerudungannya, ini khusus yang pake kerudung aja. Yang ngak pake, ngak di paksa harus pake,  cuma rambutnya harus di cepol, tau kan cepol kaya gimana. Yang kaya pramugari gitu, kalo pramugari kan banyak bentuknya yaa, kalo ini bentuknya yang rambutnya harus dimasukin ke jaring-jaring gitu. Tau ngak? Ngak taunya? Yaudah pokoknya gitu. Btw, soal kerudungan, kita harus pake kerudung kaya gini, jadi, kerudung kita harus rapih, harus pake daleman yang bentuknya kaya topi gitu, terus ujungnya harus di lipet kedalem, supaya bawahnya bentuknya garis gitu. Paham ngak?  Jadi kalo kalian pake kerudung kan depannya ada 2 tuh kalo di gabungin kaya segitiga kebalik,  terus kalian satukan dan kalian lipat kedalam terus kalian penitiin.  Kaya gitu. Ngerti ngak?  Ngak ya?  Gue juga ngak ngerti, selama gue pake, kata kakak-kakaknya salah melulu. Sampe waktu itu, gue diomelin karena kerudungan gue salah, gue disuruh benerin, udah gue benerin sesuai yang mereka mau, tetep aja salah. Terus gue disuruh puter badan,  suruh benerin sampe bener, pas gue benerin ada kakak-kakak lewat, lewat di depan gue,  gue panggil aja, "kak, ini gimana ya, aku salah melulu" terus dengan baiknya kakaknya benerin kerudungan gue. Yaaampun peri banget. Terus kan gue udah percaya diri,percaya bener dong soalnya kan yang benerin kakak-kakaknya pas puter badan, masih aja gue dibilang salah. Yaudahlahya namanya juga junior lah ya. Selalu salah. 
Di hari pertama ospek ini disuruh tentuin siapa ketuanya dan kepilih satu temen gue namanya syarah, keren kan. Kita memilih dia berdasarkan voting. Kalo pilih apapun di kampus gue mah gampang, orang satu angkatan cuma 80 orang. Jadi, kalo voting cepet, ngak perlu lama-lama. 
Hari kedua, seperti biasa,  diawali dengan seneng-seneng, main games, nyanyi-nyanyi. Iya nyanyi,  jadi kita disuruh nyanyi lagu-lagu gitu, walaupun iramanya bagus, ini bukan lagu pop atau lagu dangdut yaa.. Ini lagu mars kampus dan kawan-kawannya. Kalo disuruh milih, sebenernya gue lebih suka milih sie kedisiplinan marah-marah dari pada nyanyi-nyanyi, soalnya kan gue suaranya gitu yaa serek-serek banjir gimana gitu,  kalo di dengerin suka bikin kuping sedih, jadi kalo disuruh nyanyi suka males. Dan karena suara gue yang ngak merdu tapi fales ini, yang beda sama yang lain, suka di salah artikan gitu sama kakak-kakak. Katanya suara gue mirip sama salah satu kakak tingkat gue. Gapapalah asal jangan bilang suara gue mirip raisa. Kasian ntar raisanya, merasa terzolimi. Hal yang paling bikin gue sedih, yaitu,  pas kita nyanyi tuh kakak-kakaknya muter,  kalo ketahuan kita cuma gerakin bibir tanpa ada suara yang keluar,diomelin lah kita, kalo suaranya kecil diomelin lah kita. Intinya diomelin lah kita. Gue bukannya ngak mau nyanyi,tapi kasian temen samping gue, kupingnya menjerit "tidak, sudah cukup, hentikan semua ini" kan kasian ya. Kita harus nyanyi dengan lantang tapi juga inget dengen senyum, ngak boleh ilang itu senyum, harus nyanyi dengan senyum. Ketika, kita nyanyi, kakak sie kedisplinannya yang muter, dengerin kita nyanyi,di check satu-satu, terus ada 1 kakak, ngak tau ngefans banget sama suara gue atau gimana,  dia sengaja berdiri di samping gue, terus agak ketawa-ketawa gitu. gue nyanyi mah nyanyi aja. Gue agak heran sih,  kenapa kakak ini seneng banget sama suara gue, sampe mau dengernya sedeket itu. Jadi terharu gue. 
Ospek di kampus gue agak beda sama kampus lain, di kampus gue ngak ada tuh yang namanya kekerasan fisik, kaya disuruh lari. Pushup atau apalah, atau pake pakaian yang aneh tuh ngak ada, menurut gue masih dalam keadaan wajar. Tapi emang, mainannya batin, diomelin lah di teriakin lah, di salahin lah. Sampe- sampe temen gue ada yang pingsan, tekanan batin dia, batinnya tergunjang. Kasian dia. Pas dia pingsan, ditolongin lah sama kakak-kakaknya, yang bikin lebih kasiannya itu, semua kakak-kakaknya cewe semua, jadi ngak bisa kaya di ftv-ftv gitu. Secara, kan  ngampus dikebidanan yang semua mahasiswanya harus mahasiswi, ngak boleh ada cowo.
Terus setelah ada temen gue yang pingsan, kakak-kakaknya jadi lebih baik.  Jadi kalian yang mau ospek, coba deh kalian latihan pingsan dari sekarang. Demi kebaikan bersama. Makasih teman.. Heheheh
Gue ospek prodi 3 harian kalo ngak salah. Di hari terakhir kasih penguman dan voting, sih adek pilih kakak,  si kakak pilih adek. Banyak kategorinya,lupa gue. Tapi nih ya tapi, gue dapet hadiah,  kategori peserta terbaik kayanya. Hahaha lumayan. Hadiahnya itu kue2 yang gopean sama seribuan di strepless dalam satu tali rapia terus di kalungin ke gue. Sayangnya pas udah sampe dirumah kuenya pada apem, masuk angin kena steplessannya itu.
Begitulah cerita gue pas diospek prodi kebidanan. Nanti aku cerita lagi ya.. Jangan bosen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar