Jumat, 02 Maret 2018

Ira kuliah 2

Cerita ini,  kelanjutan dari cerita sebelumnya, cerita pas gue asrama. .
Yap, jadi gue wajib asrama,  gue harus, kudu, wajib tinggal di asrama selama 1 tahun, setelah itu terserah kamu,  mau tetep asrama gapapa mau minggat juga boleh. Awal tau harus asrama,  gue seneng-seneng aja.  Soalnya ngak pernah yang namanya nginep sama temen selain acara sekolah, jadi gue ngak pernah tuh yang namanya nginep cuma karena mau main.  Ngak kan boleh, pasti disuruh pulang. Gue seneng bisa asrama soalnya dulu pas smp gue kepengen jadi anak pesantren,  menurut gue mereka keren. mereka keren karena mandiri,  bisa nyuci,  nyetrika, ngatur uang sendiri, pokoknya kerenlah.  Dan satu lagi yang bikin gue seneng,  gue jauh dari kakak gue, hahaha.  Secara dulukan masih kecil tuh masih ababil, masih suka berantem,  jadi pas disuruh asrama gue seneng, hahaha. Sekarang masih suka berantem?  Ngaklah, kan udah gede malah suka kangen,  kangen sama anaknya.  Hehehe.
Btw, Apa aja yang di harus dibawa pas asrama udah di kasih tau sama kakak-kakak sie kedispilinan pas hari terakhir ospek, udh di list,  barangnya harus dibawa itu juga udah di tentuin, dari bawa apa aja, jumlahnya berapa sampe warnanya apa itu juga di tentuin. 
Nih gue kasih contoh beberapa barang yang harus di bawa itu 
1. Baju kuliah, sebelum dapet seragam kuliah warna putih biru, gue pake kemeja putih panjang,  karena gue pake kerudung, rok hitam bentuk A ngak boleh remple dan ketat dan kerudung putih, ngak boleh nerawang. 
2. Sepatu hitam,  karena kalo kuliah harus pake sepatu hitam. Haknya harus 3cm ngak boleh ketinggian soalnya mau kuliah bukan fashion show. Udah gitu harus pake kaos kaki yang warnanya putih. 
3. Sendal tertutup. Tau sendal tertutup kaya gimana? sendalnya itu kaya sepatu yang depannya ketutup tapi ngak ada belakangnya. Makanya dibilangnya sendal ketutup
4. Piring,  ember, sendal jepit,  gayung (soalnya ngak tiap kamar mandi ada gayungnya) warna biru,  harus biru ngak boleh yang lain.  Soalnya tiap tingkat punya warna yang berbeda, biar ngak ketuker dan jadi ribut mungkin. Nice kan. .
5. Gelas minumnya  harus kaca besar yang ada gagangnya,  biasa orang pake buat jualan es teh. Mungkin biar kita cepet kenyang karena banyak minum. 
6. Baju tidur,  baju tidurnya harus daster dan baju tidur biasa.  Yang atasan sama bawahan itu.  Dan harus warna putih, cream atau coklat. Gue bawa baju tidur bapak gue,  kata ibu itu masih baru soalnya masih di plastikin. Bajunya tentunya kegedean sama gue, tapi disuruh kakaknya bawa begituan,  yaudah gue bawa aja. Untungnya aja celananya itu ada talinya, jadi bisa di sruuutttt, jadi ngak ke dodoran deh. 
7. Celana yang boleh kita bawa cuma celana bahan  warna item. Ngak boleh yang lain. So selama kita tingakat satu hal yang paling kece cuma pake celana item itu. Ngak ada tuh celana jeans apalagi celana gemes.
8. Celana daleman buat rok, biasanya kita kan pake legging ya, ini ngak boleh, harus pake celana nenek.  Lo pada tau celana nenek kaya gimana,  itu loh celana panjang,  yang gede diatas terus kebawahnya menyempit dan ada rendanya gitu dibawahnya.  Gue cuma boleh pake itu, sumpah itu nyarinya susah. Dan warnanya pun cuma boleh putih atau cream. 
9. Pakaian dalam. Buat br*nya ngak boleh berbusa atau kawat,  celananya juga ngak boleh yang aneh-aneh dan cuma boleh warna cream atau putih, ngak boleh warna lain.  Soalnya kata kakaknya kan ini asrama putri, tapi terkadang ada abang2 galon keatas, soalnya gak mungkin dong kalo kita angkat galon dari lantai 1 ke lantai 3, takutnya abangnya merasa gimana gitu kalo melihat yang warna-warni. Ngak tau deh itu bener apa ngak,  tapi yang gue liat di jemuran mereka berwarna- warni ko. 
10. Kemeja,  kemeja ini buat dipake pas kalian makan malam, atau keluar-keluar, yang pastinya ngak boleh ketat dan harus menutupi bokong. So,  selama gue tingkat 1, kaos yang gue pake itu pas gue olahraga doang,  kalo lebih dari olahraga harus ganti baju. 
11. Alat mandi,  alat shalat,  alat nyuci karena harus nyuci sendiri. 
12. Handuk,  handuk harus warna biru juga.  Biar ketahuan siapa yang mandi di dalem. Tingkat 1 warna biru,  tingkat 2 warna merah dan tingkat 3 warna kuning.  Dan ada ibu babel,  ibu dari bangka belitung,  mereka udah jadi bidan sebenernya tapi cuma D1 terus kuliah lagi di kampus gue D3 biar dapet tittle Amkeb. Soalnya ada peraturan bidan D1 ngak boleh praktik kecuali dia sekolah lagi. 
13. Make up,  kita boleh bawa make up tapi cuma boleh krim wajah,  bedak sama lipsgloss, kita ngak boleh pake lipstik warna mencolok, warnanya yang kalem aja, biar keliatan cute.  Buat make up yang lain,  kita ngak boleh bawa, soalnya kita mau belajar,  bukan mangkal. Hahaha. 
Kurang lebihnya itu yang harus gue bawa. Dan yang penting,  kita ngak boleh bawa hape,  mp3,  walkman,  kamera,  apapun gadget namanya itu,  ngak boleh.  Buat gue sih ngak bawa hape gapapa,  soalnya pas gue masuk juga gue jomblo,  yang sms gue palingan cuma astika,  niki sama operator, ngak ada yang penting lah pokoknya.  
Semua yang di tentuin harus dibawa,  jumlahnya juga udah ditentuin,  kita ngak boleh bawa kurang atau lebih.  Barang-barang yang kita bawa selain yang di list,  nanti disita. 
Barang-barang udah gue siapin,  udah gue itung juga jumlahnya,  gue packing. Dan pergi ke kampus tercinta, pas dateng di sambut baik sama beberapa dosen,  ada ibu asramanya juga, kita panggilnya BUNDA, dan kakak-kakaknya yang baik dan yang kemaren galak juga jadi baik,  senyum, ramah,  baiklah pokoknya. Senenglah orang tua nitipin kita di kampus itu. 
Setelah kata sambutan dan beberapa pengarahan dari dosen, pergilah gue ke kamar gue yang letaknya di lantai 3. Buat gambaran aja bentuk kampus gue,  letaknya di huk gitu,  di luar sebelah kiri ada lapang voli sama tiang basket,  jadi kalo main harus gantian, sebelah kanannya parkiran,  yang udah penuh sama bis kampus 1, bisnya udah lumayan tua, ngak ada acnya,  catnya udah mulai ngak bagus,  tapi masih jalan ko dan muat buat nampung 40 siswa. Lumanyanlah yaaa , terus juga penuh karena motor kakak-kakaknya.
Masuk kedalam itu kaya lobi tapi isinya bangku tunggu doang, di tengahnya ada meja kecil berkaca.  Pas lo masuk,  lo langsung liat ada lapangan badminton, di kelilingi beberapa tanaman, sebelah kanan lo ada ruang administrasi, lab (kalo kata mbak iin "yang jaga perpus" ini termasuk lab yang lengkap)  tapi emang lab gue keren abis, toilet dosen, ruangan kaprodi dan jajarannya, pantry dosen,  kamarnya bunda (bunda standby 24 jam buat kita,  yeay) ,  perpustakaan (yang rame saat kita ngerjain KTI doang)   ruang makan (disini kita harus makan sarapan,  makan siang, makan malem harus disini,  ngak boleh di bawa ke kamar dan harus pake baju bagus dan pake sendal ketutup)   dan aula,  tempat kemaren gue dan temen-temen gue diomelin. Diantara kamar bunda dan pantry dosen ada jalanan kecil langsung tembus ke kamar mandi,  tapi kita si junior ngak boleh lewat sana harus muter,  katanya takut bundanya ke ganggu sama suara sepatu kita, kalo kakaknya?  Bebas laaahhh. Terus lewat mana?  Lewat ruang makan,  disitu ada pintu menuju keluar,  bisa muter kesana.  Ruang makan kita lumayan gede,  ada sekitar 6 meja bundar besar dan beberapa bangku yang banyak bulu kucingnya bersusun rapih,  kalo abis makan,  bangkunya harus susun rapih,  di tumpuk gitu di dinding,  diruang makan ini ada tipinya loh. nyala ko,  walaupun ngak semua siaran bagus gambarnya.  Keluar dari ruang makan sebelah kanan lo itu pantry kita,  tempet kita ambil makanan,  sebelahnya ada musholah (mukenanya wangi-wangi ko, soalnya kita ada piket buat nyuci mukenanya)  ada tempat nyuci piring,  jadi abis makan nyuci piringnya disini,  ngak boleh di kamar mandi, keran buat nyuci piring sekitar ada 5, kalo lurus lagi lo ketemu 2 jalan kanan kamarnya bunda dan kiri kamar mandi. Karena kita asrama,  tentu kamar mandinya banyak,  sekitar ada 23 kamar mandi 10 di lantai 1, 10 di lantai 2 dan 3 dilantai 3, tapi kalo lo mau nyuci baju,  cuma boleh nyuci baju dilantai 1 ini. Ada area khusus, cielah area khusus, tapi bener ada kaya di kotakin gitu terus ada tempat penampungan air yang gede,  disampingnya ada, apa ya gue harus bilang,  kaya tempat buat duduk yang terbuat dari semen terus dikasih ubin, tapi lebarnya kira-kira 1 meteran, diatas situ biasanya kita nyucinya,  kebayang ngak? Ngak?  Kalo ngak coba main ke kampus gue . Dikampus ini ada 3 tangga kalo dari depan cuma keliatan 2 tangga, ada di smping aula ada di samping kamarnya bunda, tapi kalo masuk,ke daerah kamar mandi itu ada tangga lagi,  jadi kalo ada yang mau mandi, mau nyuci, pake daster,  ngak keliatan dari luar. 
Kalo di lantai 2 isinya ruang dosen, ruang administrasi,  dan ruang kelas, kira2 totalnya ada 6 kelas buat anak semester 1,2,3, tiap kelas bisa nampung 40 siswa. Kita pake bangku yang sendiri-sendiri itu yang depannya ada meja,  biasanya dijejerin jadi leter u,  sampe 2-3 baris,  yang paling enak itu yang di belakang,  kalo tidur ngak ketahuan. Di depan kita ada meja dosen,  kalo ada dosen masuk, kita piket ambilin 2 minum  1 isinya teh manis (yang lo ambil di kamarnya bunda)  1 lagi air putih yang lo ambil di pantrynya dosen.  Abis itu ada papan tulis. Di kelas kita pake ac dong,  2 tapi angin doang,  ngak ada dingin-dinginnya.  Hahaha,  sebenernya ada yang dingin,  tapi biasanya udah di tempatin sama kakak tingkat.
Dan di lantai 3 asrama tercinta,  isinya kamar-kamar doang.  Sama tempat ngejemur diluar, di depan kamar juga bisa ngejemur sih,  tapi yang kecil-kecil, karena disediainnya itu kaya jemuran handuk, tapi kita juga ngak boleh ngejemur disini,  soalnya suka ada kucing,  takut di pipisin. Di deket jemuran juga ada kamar mandi tapi cuma ada 3, di sebelah kamar mandi,  ada keran, ada 3 keran. 
Kebayang ngak kampus gue kaya gimana.. Idaman kan.
Kalo kata temen gue si widia "gedean SMA gue"
kalo kata sepupu gue "abang kira ini kelurahan"
Kalo kata kakak gue"ini kampus ra? " secara dia kuliah di binus, ngak usah dibandinginlah binus sama kampus gue.  Sedih. 
Oia,  kan kita ngak boleh bawa hape,  selama 3 bulan juga kita ngak boleh pulang atau keluar,  gimana sih cara kita buat komunikasi sama keluarga kita,  atau sama kekasih kita,  jadi di luar gerbang kampus gue, ada 1 telepon koin warna biru,  kita pake itu,  tiap agi-pagi abis mandi,  abis makan,  pada ngantri disitu,  biasa pada nangis,  kasian yaa. .
Gue berangkat kesana sama alm kakek gue,  ibu gue yang lagi ngandung najwa kalo ngak salah pas umur kehamilan 3 bulan, sama satu lagi cowo tetangga gue,  om yono kalo ngak salah.  Gue kesana bawa 1 koper besar dan masih banyak tentengan lainnya,  ke atas ke lantai 3. Gue masuk ke kamar gue,  kenapa gue bisa tau nomer gue,  karena kita udah dibagi berdasarkan nomer yang kita ambil pas ospek kemaren.  1 angkatan ada 3 kamar 2 kamar isinya 20 orang dan 1 kamar isinya 40 orang. Fasilitas yang didapat buat kamar yang 20 sama 40 itu sama aja.  Tempat tidur samaan atas bawah gitu, lemari sama 1 lemari buat 2 orang, dan kipas,  nah ini yang beda, yang 40 orang,  kamarnya tuh luas banget, bisa main bola disana, mereka dapet 2 kipas dan yang 20 orang dapet 1 kipas adil kan.  Kalo kalian ngebayangin ini kipas yang kecil kaya dirumah kalian,  ngak beda,  ini kipasnyanya lumayan besar,  dan nempel di langit-langit atas, jadi ngak bisa dipindah-pindahin. Kipas ini ada pengaturan dinginnya, dan nempel di dinding , jadi ngak mungkin ilang, dinginnya bisa diatur dari 0-3 dan biasanya kita pake 3 pun masih keringetan.  Hahaha. 
Masuk kamar gue,  ada pintu nih tapi disana ngak langsung masuk kamar gue,  ada 3 kamar kecil2 yang bisa dihuni 4 orang dan ada 1 ruangan gede,  dan itu kamar gue.  Kalo kamar kecil-kecil itu ada pintunya,  kalo masuk ke kamar gue cuma di halingin sama 1 lemari besar yang ngak kepake ( kita pake buat taro sendal dan ember-ember kita) sama tirai tipis warna pink.  Bentuk kasurnya ada atas bawahnya,  ada yang di atas dan ada dibawah. Kasurnya udah di nomerin satu-satu, jadi kita ngak bisa milih, terus kasurnya didempetin 2-2 gitu, jadi anggaplah satu blok itu ada 4 anak. Nomer kasurnya itu bawah atas bawah atas,  jadi kalo nomer 21 di bawah nomer 22nya di atas,  dan begitulah seterusnya. Alhamdulillahnya gue dapet kasur yang bawah karena nomer gue 27, jadi seblok gue nomernya 25,26,27,28. Buat lemarinya juga ngak ngacak semua udah di nomerin,  dari nomer 21-40 urut nomernya.  Lemarinya di jejerin satu2 di tembok,  jadi di tengah itu ada ruangan kosong.  Rapihlah pokoknya.  Kaca,  ada kaca,  yakali ngak ada kaca,  cuma jarang kita buka soalnya kalo dibuka banyak nyamuk masuk. 
Sebelum kita masukin barang ke dalam lemari,  di check lah satu-satu, yang ngak boleh di bawa harus dibawa pulang.  Gue aman,  gue bawa sesuai list.  Dan rata-rata juga gitu.  Yang paling lucu itu ketika 1 temen gue,  dia bawa kue banyak banget,  kue lebaran,  soalnya gue masuk 2 minggu setelah lebaran. Mungkin karena takut ngak dibolehin masuk itu kue,  dikasihlah 1 toples buat kakak yang meriksanya itu. Tercyduk, tak bisa di biarkan. Hehehe. 
Oia, nomer-nomer dikasur itu bukan tanpa arti,  jadi ada maknanya.  Kan gue nomer kasur 27 jadi gue punya kakak asuh nomer 27 baik yang tingkat 2 ataupun tingkat 3, kalo sama ibu babel mah beda,  beda generasi. Terus gue juga punya sodara nomer kasur 77, kakak yang nomer kasur 77 juga jadi kakak asuh gue. Buat apa sih sodaraan gitu,  jadi gunanya kalo kita ada masalah, sama kakak tingkat yang lain,  biasanya kita agak dibelain,  terus juga ada tradisi di kampus gue, yaitu nurunin hangout sama adek kasur,  jadi hangout itu foto copian dari dosen-dosen, isinya materi2 gitu, kalo kakaknya rapih, fotocopiannya lengkap, kalian ngak perlu fotocopi lagi kalo ada materi dari dosen, terus terkadang juga isinya ada soal ujian,  kalo dosennya males,  dia ngasih soal ujian yang sama dari tahun ke tahun.  Kalo kakaknya baik,  mereka juga ngasih ke adiknya buku semester 1, jadi kita ngak perlu beli buku lagi. Baik yaaa, enak kan kuliah di kampus gue.  Btw, yang gue ceritain itu pas masa gue kuliah disana.  Ngak tau sekarang udah berubah apa belom,  udah lama ngak main kesana.  Hehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar