Senin, 05 Maret 2018

Ira kuliah 3

Asrama..
Hidup di asrama itu akan kurang berkesan kalo ngak ada yang namanya aturan asrama. Disemua tempat menurut gue pasti punya peraturan, seperti dijalan,  di kantor,  bahkan di rumah pun ada peraturannya.  Yakan.  Di asrama gue juga. Peraturan biasanya dibuat agar lebih tertib, sehingga tidak ada orang yang merasa dirugikan. Biasanya kan begitu,  asrama gue juga begitu,  cuma peraturan disini tuh emang "sengaja" dibuat biar lebih tertib,  tapi, ada tapinya nih,  tapi yang tertib juniornya aja. Yang senior mah bebas. Hahahaha. Emmm..  Tapi terkadang emang perlu sih peraturan buat junior doang,  agar lebih sopan dan gampang di kendaliin, iya ngak senior? Hahahha.
Hari pertama kita tinggal di asrama, kita dikasih tau soal peraturan tersebut.  Kalo ngak salah,  kita udah pada mandi,  udah shalat isya berjamaah, yap, di asrama hampir tiap shalat berjamaah, enak kan. Kalo ngak salah itu udah malam, soalnya itu pas udah gelap, ngak lagi mati lampu juga kayanya. Tau kan kenapa dikumpulinnya malam!!  Saat semua dosen udah pada pulang,  saat ibu bapak kita udah pada pulang kerumah masing-masing dengan hati senang,  karena kan tadi dipelihatkan keramahan serta senyuman indah oleh para dosen dan kakak tingkat. Cakep bener. 
Sebenernya gue rada lupa gimana kejadiannya, tapi yang gue inget, kita ngumpul di kamar yang gede.  Nama kamarnya akasia, kalo kamar gue namanya flamboyan, kalo satu lagi,  gue lupa.  Hehehe. Kita emang di haruskan memberi nama kamar kita pake nama-nama bunga.  Tapi ngak boleh ada yang sama. Jangankan sama seangkatan sama kamar kakaknya yang 2-3 tahun lalu yang udah lulus pun ngak boleh sama.  Bayangin,  Segitu hapalnya mereka sama nama kamar kakak tingkat. Gue aja sekarang udah lupa nama kamar temen gue yang dulu, mereka masih inget loh.  Memang,  mereka benar-benar keren. 
Kita kumpul di 1 kamar yang isinya 40 anak,  jadi kebayang kan gedenya kaya gimana, bisa muat 80 anak dalam 1 kamar,  gede banget,  Kaya lapangan futsal.  Hahaha ngak. Gitu juga sih,  kalo kita ngumpul, itu kasur ada dipojokin semua, dan kita ngumpul di tengah,  jadi kalo ada yang ngobrol, asik sendiri, itu pasti keliatan.  Kita ngumpul pake baju bagus,  nih gue jelasin ya,  yang namanya baju bagus itu pakaian berupa baju kemeja panjang menutupi bokong, ngak boleh ketat,  rok panjang,  kerudung segitiga yang udah dilipet tengahnya, plus name tag disebelah kanan,  beserta sendal ketutup, harus begitu,  walaupun nanti sendalnya kan lo taro diluar,  harus pake sendal ketutup, ngak boleh pake sendal jepit,  walaupun deket, tetanggaan,  kalo mereka manggil nama gue juga kedengeran, gue harus tetep kaya gitu. Kalo yang enggak pake kerudung,  rambutnya harus diiket rapih plus pake hernet,  kebayangkan ribetnya kita kalo mau pertemuan gitu,  yang kerudungan ribet sama kerudungnya,  yang ngak pake kerudung ribet sama hernet,  ribet lah pokoknya.  Udah gitu kalo dikasih tau jam 7 ya harus jam 7 teng udah di dalem, udah duduk.
Oia,  gue belom kasih tau, jadi selama tinggal di asrama kita punya nama panggilan, kita udah nentuin pas ospek kemaren, namanya itu kita yang nentuin,  jadi ngak mungkin namanya bebek, ayam atau apalah. Tapi nih ya tapi,  namanya ngak boleh sama, sama kakak tingkat 2,3 ,sama ibu babel, sama dosen pun ngak boleh sama.  Jadi agak kasian sama anak yang namanya pasaran, harus ganti nama.  Kaya temen gue namanya solehah tri putri, mau solehah ngak boleh soalnya udah ada kakak tingkat namanya itu,  mau tri ngak boleh soalnya namanya hampir mirip sama kakak tingkat gue yang namanya kak tria,  putri apalagi udah di pake sama senior.  Jadi nama temen gue itu berubah jadi leti. Itu bukan pilihan dia sebenernya,  karena semua nama dia udah dipake sama orang lain,  jadi dia pasrah, itu saran dari kakak tingakat, dia bilang, "kenapa enggak leti aja,  diambil dari lehatri, disingkat leti". Jadilah nama dia leti. Parah ya,  udah gitu dipake lagi nama itu selama 3 tahun. Kasian.  Kalo gue humaira fauziah maulidina.  Maunya sih di panggil ira,  karena dari dulu emang di panggil ira,  tapi ngak boleh,  yaudah gue pilih aja nama gue "Ale". Dulu pas SMA, ada beberapa orang yang manggil gue ale,  bukan karena gue sering minum ale-ale.  Tapi karena kalo temen gue nanya apa-apa gue selalu jawab dapet dari ale-ale. Misalnya lo pas ujian nanya jawaban sama gue,  gue jawab nih jawaban gue,  terus temen gue nanya,  tau dari mana?  Gue jawab dari ale-ale. Lo tau kan kenapa gue bilangnya gitu?  Soalnya waktu jaman dulu kan di ale- ale itu kalo di gosok dapet hadiah. Ngak tau ya?  Telat kali lo lahirnya. 
Ngomongin tentang nametag, jadi name tag kita bentuknya kaya yang plastik gitu,  terus ada nama kita,  di print ngak boleh tulis tangan dan fontnya harus sama satu angkatan.  Untungnya waktu ospek kemaren ada temen gue yang baik hati mau mengerjakan sekaligus mengeprintnya.  Namanya mbak sofwah, jadi dia mengetik dan ngeprint satu-satu nama kita,  untung cuma 80 orang, Makasih mbak. Nama gue yang "ale" atau temen gue "leti" itu dipake cuma pas asrama aja,  pas kuliah,  kita juga pake nametag,  tapi pake nama asli kita, kan kasian kalo pas absen, di panggil solehah,  eh di nametagnya tulisannya "leti" terus di sangka penipuan karena beda dengan yang asli,  kan kasian. Kasian juga kalo pas presentasi, sebelum di mulai harus memperkenalkan nama, dia perkenalkan nama, " ya,  teman-teman, perkenalkan nama saya solehah tri putri,  biasa di panggil putri,  tapi karena ada kakak tingkat yang namanya sama kaya saya, dan saya ngak boleh memakai nama itu, jadi  nama saya leti". Kan buang waktu.  Masih mending kalo berhenti sampe disitu,  kalo berlanjut jadi baper, dia sedih,  bukannya presentasi malah curhat gimana?  Yakan ya.
Kan disini gue mau cerita tentang peraturan ya,  kenapa jadi asal muasal nama leti. Gapapa yang penting kan kalian tau sejarahnya leti gimana.
Saat kita berkumpul,  kita duduk di lantai membentuk setengah lingkaran, membentuk 3-4 baris kebelakang,  duduk kita pun ada caranya,  kita ngak boleh duduk bersila,  duduk nyender, ataupun jongkok,  ngak boleh itu, kita duduk itu kaya orang shalat,  duduk tahiyat akhir.  Kaya gini nih
Kesemutan kalo udah selesai mah,  udah gitu kita harus kompak, kalo kanan, kanan semua,  kalo kiri, kiri semua,  ngak boleh ada yang beda,  dan kalo mau pindah kaki aja tuh minta ijin.  Kita harus tunjuk tangan dan memperkenalkan diri lalu bilang tujuan kita.  Misalnya gue,  "kak,  maaf, saya ale dari nomer kasur 27 mohon izin pindah kaki, karena kaki kita sudah mulai kesakitan". Nanti kakaknya bilang "iya diizinkan" langsung semuanya pindah kaki dan bilang "makasih kakak" kompak. Gampang kan ya,  tapi kenyataannya buat ngomong kaya gitu doang butuh energi extra,  suka gemeteran mau ngomong gitu doang. Soalnya, ketika lo ngomong kaya gitu,  semua mata kakaknya tertuju padamu, kita juga kalo ngomong ngak boleh nunduk,  harus liat wajah yang akan lo ajak bicara. Kalo kata mereka "eye contactnya mana dek" ngomongnya agak keras sambil ngeliatin mata lo, gimana ngak gemeteran tuh.  Kalo ngak ada yang ngomong,  enggak kan pindah tuh kaki.  Enggak akan kesemutan lagi itu kaki,  bisa pembekuan darah, salah urat atau pergeseran tulang,  hahaha. Dan kalo misalnya kita dianggap kurang sopan atau kurang lengkap tata bahasanya,  ngak diizinin itu.  Hahaha. Kalo kakaknya duduknya gitu juga?  Kalian tau laaahhh jawabannya, "ya enggaklah" mereka duduk sesuai kemauan mereka,  kalo keram tinggal berdiri. Enak kan. Makanya,  lahirnya jangan kelamaan, biar jadi senior.  Hahaha.
Ini ada beberapa peraturan yang gue inget selama asrama.
1. Baju,  setiap junior harus memakai baju yang rapih, dan sesuai dengan kondisi.  Jadi kalo lo mau kuliah,  pake baju kuliah,  kalo lo mau tidur pake baju tidur,  kalo mau mandi, jangan pake baju mandi, terlalu seksi, ngak boleh itu.  Hahaha.  Jadi disini di kasih tau, kalo mau pake baju tidur itu cuma selama dalam kamar atau mau mandi aja, diluar itu ngak boleh, lo mau tidur,  udah pake baju tidur, tiba-tiba mau ke tempat temen lo yang beda kamar,  ganti baju, harus pake baju bagus.  Kita juga ngak boleh tuh ngambil makan pake baju tidur, walaupun udah malem atau masih subuh yang ngak ada dosennya, harus ake baju bagus. Kalo kita masuk ke lingkungan kampus (lantai 2 dan lantai 1)  harus pake baju kuliah juga. Jadi misalnya lo lagi pake baju bagus,  lo mau turun ke perpus,  ganti dulu baju lo, pake baju seragam,  ganti nametag juga ngak boleh kalo pake nametag asrama.  Tapi kalo udah diluar jam kuliah,  gapapa,  cuma,  yang boleh pake baju bagus doang,  jadi walaupun asrama itu cuma beda lantai, kita masih keliatan rapih ngak ada gitu dasteran depan dosen. Rapih lah pokoknya kita. Kalo kakaknya, juga gitu ko ngak pernah pake baju tidur depan dosen.
2. Sendal,  sendal jepit cuma boleh buat kekamar mandi doang,  kalo ke yang lain harus pake sendal ketutup. Kalo ke kampus ya pake sepatu itemlah. Ngak ada tuh yang pake crokcrokan. Pas jaman jadi junior.
3.  Kepala,  buat yang kerudungan, kita cuma boleh pake bergo (tau kan kerudung yang instan, tapi bukan kerudung instan kaya sekarang, dulu mana ada begituan) itu pas mandi, tidur,  dan dikamar. Selebihnya harus pake kerudung segitiga yang dilipet. Kalo yang ngak pake kerudung,  rambut tuh harus licin & rapih cepolan harnetnya.
4. Kalo yang ini lain waktu ya gue kasih taunya. Hehehe.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar