Kamis, 04 Desember 2014

kisah anak umur 3 tahun Si Najwa



Najwa Maulidza, umurnya udah mau 3 tahun. Yeay. Kalo kata orang sih ya, lagi ngegemesin banget. Iya sih, tapi sekarang dia lagi rese. soalnya dia lagi hobi banget berantakin rumah, suka banget berantakin mainan, bukan buat dimainin,  buat di berantakin doang.  Kalo udah berantakan di tinggal kabur gitu aja. 
terus pas di omongin,"Najwa beresin nih mainannya".
"ngak ah,aku malas". 
"dih, emang ini mainan siapa?". "mainan najwa". 
"terus yang beresin siapa?". 
"teta ira lah, kaabuuurrrrr" gitu. Ngeselin kan. Ngak cuma itu,  dia juga udah ngerti barang,  ngerti mana punya dia mana yang bukan. Jadi kalo kita make barangnya dia, dia akan bilang "itu kan punya aku" terus diambil habis itu disimpen. Rese kan.
Btw, kalo kalian mikir ini anak gue, BUKAN ini adek gue. adek gue yang paling kecil, anak ke 6 ddari bapak dan ibu yang sama kaya gue. ngak usah di tanya gimana caranya dia lahir ya. Dan gimana cara buatnya, karena gue yakin kalian udah faham. 


Anak umur 3 tahun ini sangat menyenangkan karena sekarang udah bisa diajak ngobrol, jadi kalo ngomong sama dia ngak kaya batu,karena udah bisa di jawab sama dia. Tapi kalo ngomong sama dia,hati-hati, jangan terlalu percaya kata- kata dia, soalnya dia sekarang pinter banget ngarangnya. Imajinasinya luar biasa. Ngak tau deh belajar dari mana.
Waktu itu, dia sempet bikin kakak gue sama pacarnya itu berantem. Mantep ngak? Kalo dijadiin judul ftv kira-kira judulnya apa? Hubungan ku hancur di tangan adik kecilku. Sadiss.. Hahahaha. 
Ok lanjut, kakak gue itu LDR-an sama pacarnya. Kakak gue di jakarta, pacarnya yang sekarang jadi suaminya kakak gue, di surabaya. Taulah kalo orang LDRan gimana. Hanya mengandalkan saluran telepon buat komunikasi. Dan masalah utama LDRan itu soal kepercayaan. Iya ngak?  Kalian gitu ngak? Ngak ya?  Soalnya jomblo ya.  Hehehhee. Gapapa semangat terus istiqomahnya, semoga mendapatkan jodoh yang terbaik.  Aamiin. 
Jadi ceritanya,  waktu itu pacarnya telepon nih ke hapenya kakak gue, tapi ngak di angkat. Karena ngak diangkat-angkat teleponnya,  teleponlah pacarnya ini ke rumah gue. Disaat itu, dirumah cuma ada gue, najwa sama ibu. tapi pas ada telepon itu, gue lagi di kamar, ibu gue lagi di kamar mandi, najwa lagi nonton tipi dan kakak gue lagi pergi buat interview kerja sendirian, sendirian naik motor. Pas ada telepon najwa yang paling deket,  soalnya telepon rumah gue letaknya disebelah tipi, diangkatlah itu telepon sama si najwa. Gue tau sih ada telepon,  tapi karena kamar gue dilantai 2, dan gue males buat turun, jadi gue liat aja dari atas. Gue ngak tau mereka ngomong apa, tapi yang gue denger najwa ngomong "Pergi, sama TEMENnya"dan "ada". Habis itu ditutuplah tuh teleponnya sama najwa,  ngak tau itu pembicaraan udah kelar apa belom, tapi udah ditutup sama najwa. Habis itu, gue nanya lah sama najwa "najwa, siapa yang telepon". Terus najwa bilang "mas wawan". Terus gue nanya lagi, "mas wawan nanya apa?" Dia jawab, "ngak tau tuh".lah bisa ngak tau,  dari tadi dia ngomong tuh apa? Ko bisa ngak tau jawabannya. Yaudahlah ya karena udah ditutup juga, gue ngak tau nomer pacarnya kakak gue dan gue juga ngak bisa maksa anak 3 tahun ini,  jadi gue pasrah aja.  Habis itu ngak lama kemudian ada telepon lagi,  tapi yang angkat ibu gue. Ternyata yang telepon itu mas wawan pacarnya kak lidya. Dia bilang tadi telepon kak lidya,  ngak bisa diangkat,  telepon kerumah katanya najwa, kak lidya pergi sama temennya ngak bawa motor. Gue ngak tau kenapa mas wawan ini telepon lagi, mungkin, dia mau nanya temennya kak lidya itu cewe apa cowo, tapi untungnya yang angkat ibu, jadi bisa dijelasin, coba kalo gue yang angkat, bisa di bilang gue bohong dan sekongkolan sama kakak gue,  soalnya kan pada mikirnya anak kecil ngak pernah bohong.

Najwa orangnya penasaran banget,  semua yang dia liat ditanya. Seneng sih soalnya itu tandanya dia pinter, tapi terkadang suka kesel. Apalagi kalo lagi nonton. Karena,setiap ada yang aneh "menurut dia", pasti sama dia ditanya. Pertanyaan juga suka ngak penting. Misalnya lagi nonton doraemon, adegan ibu doraemonya abis nih, terus dia nanya "ko ibunya pergi?""ibunya kemana?" "ayahnya kemana?" kebayang kan malesnya gimana kalo nonton sama dia. 

Nah, pernah lagi nih, waktu gue mau nakut-nakutin adek gue yang namanya Afifah, dia anak ke 5 jarak dia sam najwa itu 11 thn,  anak bontot ngak jadi. Makanya dipanggil kadek (kakak dedek).si kadek ini, penakut sekali,makanya kita kakak-kakaknya suka banget nakut-nakutin dia. Hahaha adahal. Gue juga penakut, so buat kalian yang penakut, sok berani aja,  soalnya kalo lo keliatan penakut, pasti sering di kerjain orang. 
Okeh lanjut, jadi gue menakut-nakutin si afifah ini dengan menceritakan kembali kisahnya si NINA BOBO yang gue nonton ditipi. Gue dramatisir ceritanya, gue horor hororin, suaranya juga gue serem-seremin, kalian tau kan suara gue kaya gimana? Serem pokoknya. Katanya sih ini kisahnya asli, kisah anak kecil, dia anak blasteran belanda sama indonesia. setiap malam dia selalu nangis setiap mau tidur. tapi setelah ibunya menyanyikan lagu nina bobo, si nina jadi bisa tertidur.suatu ketika, si nina itu sakit keras, ibunya yang menjaganya selalu menyanyikan lagu Nina bobo. dan akhirnya si nina meninggal dalam pelukan ibunya yang sambil menyanyikan lagu nina bobo. udah serem kan ya tuh, eh si najwa dengan polosnya bilang "Ko dia meninggal?""meninggalnya kenapa?""kebakar ya?""jatoh dia?" adek gue tau darimana coba itu kata meninggal kebakar sama jatoh -.- otomatis gue harus jawab karena kalo ngak dijawab dia nanya terus. Gue jawab "iya dia meninggalnya jatoh kebakar". Biar cepet

Setelah itu gue lanjutin lagi ceritanya. Jadi, setelah kematian, si nina, ibunya langsung sakit keras dan meninggal karena syok atas meninggalnya si nina. Dengan kepolosan najwa, dia nanya lagi" sakit keras itu apa? pusing ya? pilek? sakit kaya ibu ya?" adduuuhhh najwa ini, lagi cerita horor. kalo nanya melulu horornya ilang. terus gue jawab, "iya sakit pusing pilek kaya ibu". 
Udah dah tuh, udah di jawab, gue lanjutin lagi ceritanya karena nanggung. Setelah kematian istri dan anaknya, bapaknya nina menjadi depresi, sehingga dia sulit tidur sehingga harus minum obat tidur agar mudah tidur. dan lagi- lagi najwa nanya "ayahnya tidur dimana? dikamar? kaya ayah najwa. okeh gue nyerah gue, gue ngak lanjutin lagi ceritanya. Kalo gue lanjutin,  mungkin gue bisa jadi depresi juga.hahaha

Begitulah ceritanya, mungkin semua anak kecil kaya gitu. Dia nanya apa aja yang di lihat, dan orang tua kita ngak pernah ngeluh buat ngejawab pertanyaan kita. So,  nanti kalo orang tua semakin menua dan banyak bertanya, jawablah dengan sabar.  Karena dulu pas kita kecil,kita juga seperti itu

2 komentar:

  1. Bnerr dedek najwanya imut banget sih, Salamin yah ke dek najwanya :D

    BalasHapus
  2. hihihihi makasih kakak. iya nanti disalamin :D

    BalasHapus