Senin, 08 Desember 2014

Muntah pada bayi

Muntah adalah tumpahnya isi perut. Muntah merupakan salah satu tanda masalah pada bayi. Tetapi tidak semua muntah merupakan penyakit, seperti gumoh ( bahasa jawa ), yaitu keluarnya kembali sejumlah kecil susu selama atau setelah pemberian Asi. 


Gumoh

Pada bayi yang mengalami gumoh, bayi terlihat sehat. Bayi akan memuntahkan sedikit susu di saat minum susu/ menetek atau persisnya setelah minum susu/ menetek. hal ini bukanlah muntah. Hal ini tak perlu dicemaskan. hal ini dapat terjadi akibat terjebak udara di perut bayi karena menyusu. 
Penanganan. Sendawakan bayi setiap sehabis menyusu. ada 3 posisi untuk mensendawakan bayi.


1. Meletakkan kepala bayi dibahu anda, sambil menepuk punggung bayi dengan lembut
2. Membuat bayi duduk tegak pada pangkuan anda, sambil menepuk punggung bayi dengan lembut
3. Menengkurepkan bayi diatas lutut anda, sambil menepuk punggung bayi dengan lembut






Apakah  bayi usia bayi kurang dari 2 bulan dan muntah setiap kali setelah makan?

Jika iya, Periksakan ke dokter segera. penyempitan saluran dari lambung menuju usus halus, hal ini disebut pyloric stenosis. Gejala yang terlihat selain memuntahkan setiap kali seusai makan, juga memuntahkannya dengan keras dan bayi terus menerus kelapara. Tetapi hal ini jarang terjadi. Jika hal itu benar, perlu dilakukan operasi segerah untuk memperbesar saluran tersebut. setelah itu tak akan ada masalah lagi dan bayi akan kembali normal.

Apakah temperatur bayi sampai 38C atau lebih, terlihat lesu dan malas makan ?

Jika iya, Bawa ke dokter sekarang juga. Hal ini merupakan gejala Meningitis ( peradangan selaput otak ). Hal ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Walaupun terkadang gejalanya tak seberat itu. Bayi akan dirawat dirumah sakit, akan dilakukan Lumbar Puncture ( pemeriksaan dengan cara mengambil cairan yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang dari pangkal tulang belakang)

Apakah bayi batuk beberapa hari terakhir ? 

Jika iya, batuk rejan dapat membuat bayi muntah. Periksakanlah ke dokter untuk mengobati batuk pada bayi, mungkin dokter akan memberikan antibiotil untuk mengobati batuk tersebut dan agar tidak menular ke anak lainnya.  Panggil segera dokter juka seketika bayi tampak sulit bernapas atau terbatuk- batuk sampai membiru
.

Apakah bayi muntah dan mencret tak seperti biasa?

Jika iya, bayi sedang menderita gastroenteritis atau infeksi saluran pencernaan. Periksakan bayi ke dokter. perhatikan asupan makan dan minum bayi. Jangan sampai bayi kekurangan minum dan mengalami dehidrasi.

Apakah muntahnya berwarna kuning kehijauan?


Jika iya, Bawa ke dokter sekarang juga. Hal ini merupakan gangguan lambung yang serius. mungkin bayi perlu diopname agar dapat mengetahui pasti penyebab hal tersebut.





Waspadai jika bayi muntah terus menerus

Hal ini dapat menyebabkan bayi kehilangan cairan tubuh terlalu banyak dan mengalami dehidrasi. Resiko dehidrasi akan diperparah jika bayi mengalami mencret. Jika makanan keluar semua selama 6 jam, apapun penyebabnya. segera hubungi dokter.
Gejala dehidrasi
1. Mata dan ubun- ubun cekung
2. Mulut kering
3. Popok kering selama 3 jam terakhir
4. Rewel dan cengeng luar biasa
5. Hilangnya elastisitas kulit ( jika di cubit di bagian perut akan kembali lambat)
6. Terlihat sangat kehausan ketika diberi minum


Sumber buku : Smith, Tony. 2001. Pertolongan Pertama Dokter di Rumah Anda. Jakarta , Dian Rakyat
Prawirohardjo, Sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta.  Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar